Sabtu, 06 Juni 2015

Collonialism and Development, Cultural Exchange and Survival (GSLC)

1. Kolonialisme dan Perkembangan

Gambar 1.1 Kolonisme di Indonesia

1.1. Imperialisme

Gambar 1.2 Imperialisme

Mengacu pada kebijakan memperluas kekuasaan bangsa atau kerajaan atas bangsa-bangsa asing dan mengambil dan menahan koloni asing. Sedangkan kolonialisme mengacu pada dominasi politik, sosial, ekonomi, dan budaya dari wilayah dan rakyatnya oleh kekuatan asing untuk jangka waktu yang panjang. Kolonialisme modern mulai dengan Age of Discovery selama negara-negara Eropa mendirikan koloni di seluruh dunia baru.

Gambar 1.3 The Age of Discovery

1.1.1 British Kolonialisme
Pencarian sumber daya dan pasar baru untuk meningkatkan keuntungan memicu kolonialisme Inggris. Tahap pertama dari kolonialisme Inggris di New World, Afrika Barat, dan India dan datang ke dekat dengan Revolusi Amerika. Selama periode kedua, Inggris akhirnya menguasai sebagian besar India, Australia, Selandia Baru, Kanada, dan sebagian besar dari Afrika timur dan selatan. Upaya kolonial Inggris yang dibenarkan oleh apa yang disebut Kipling "beban orang kulit putih" yang menegaskan penduduk asli tidak mampu mengatur diri mereka sendiri dan membutuhkan kulit putih, kolonialis Inggris menyediakan dan menjaga ketertiban.

1.1.2 Kolonialisme Perancis
Lebih disebabkan oleh negara, gereja, dan militer, bukan oleh kepentingan bisnis. Tahap pertama upaya kolonial Prancis difokuskan di Kanada, Wilayah Louisiana, Karibia, dan Afrika Barat. Selama tahap kedua kolonialisme Prancis (1870 Perang Dunia II), kekaisaran tumbuh dengan menyertakan sebagian besar Afrika utara dan Indochina. Legitimasi ideologis untuk kolonialisme Prancis adalah civilisatrice misi (mirip dengan "beban orang kulit putih"); untuk menyebarkan budaya Prancis, bahasa, dan agama di seluruh koloni. Perancis menggunakan 2 bentuk pemerintahan kolonial:
- Aturan langsung mengacu pada praktek Perancis yang mengatur melalui struktur politik pribumi dan para pemimpin.
- Aturan langsung mengacu pada praktek Perancis memaksakan pemerintah baru pada penduduk asli.

1.2 Kolonialisme dan Identitas
Perbedaan etnis dan politik di seluruh dunia yang sangat terganggu oleh kolonialisme. Contoh, banyak dari batas-batas politik modern di barat Afrika didasarkan pada linguistik, politik, dan ekonomi kontras yang merupakan hasil dari kebijakan kolonial Eropa di wilayah tersebut.

1.2.1 Studi postkolonial
Kajian postkolonial mengacu pada penelitian yang menargetkan interaksi antara negara-negara Eropa dan masyarakat mereka dijajah. Istilah ini juga telah digunakan untuk merujuk pada paruh kedua abad ke-20 dan dapat digunakan untuk menandakan posisi melawan imperialisme dan Eurocentrism. The postcolonies dapat dibagi menjadi 3, yaitu:
- Postcolonies pemukim termasuk negara-negara yang didominasi oleh pemukim Eropa dengan hanya populasi jarang asli (misal Australia)
- Postcolonies Nonsettler ditandai dengan penduduk asli yang besar dan hanya sejumlah kecil orang Eropa (misal India).
- Postcolonies campuran mengacu pada negara-negara dengan baik penduduk asli dan Eropa yang cukup besar (misal Afrika Selatan dan Kenya)

2. Perkembangan
2.1 Filosofi
Filsafat intervensi adalah pembenaran ideologis untuk campur tangan dalam kehidupan penduduk asli, didasarkan pada asumsi bahwa salah satu adalah memiliki cara yang unggul hidup atau pemikiran.
- Beban British kerajaan-putih manusia
- Perancis civilisatrice kerajaan-misi
- Pembangunan ekonomi rencana-industrialisasi, modernisasi, westernisasi, dan individualisme adalah kemajuan evolusi diinginkan yang akan membawa manfaat jangka panjang untuk penduduk asli.

2.2 Masalah
Masalah Terkait dengan Intervensi dan Pengembangan Sempit Fokus.
- Situasi ditafsirkan sebagai masalah yang dihasilkan dari gaya hidup pribumi mungkin sebenarnya akibat dari dampak sistem dunia pada gaya hidup yang.
- Efek sistemik proyek pembangunan sebenarnya bisa berbahaya (misalnya, pajak, dan sewa meningkat dalam menanggapi mengangkat pendapatan).
- Ahli Sempit fokus tidak mungkin untuk menyadari implikasi spektrum yang luas dari skema pembangunan.

2.2.1 Brasil Sisal Skema
Pada tahun 1950, pemerintah Brazil berusaha untuk memperkenalkan sisal sebagai tanaman tunai ke dalam perekonomian subsisten dari Sertão tersebut. Pembangunan peningkatan ketergantungan pada ekonomi dunia, merusak ekonomi subsisten lokal, dan memburuk kesehatan setempat dan distribusi pendapatan.

2.2.2 Penghijauan Jawa
Di seluruh dunia, revolusi hijau telah meningkat pasokan makanan dan mengurangi harga pangan. Namun, penekanan pada modal depan dan pertanian teknologi dan kimia canggih memungkinkan elit birokrasi dan ekonomi Jawa untuk memperkuat posisi mereka dengan mengorbankan petani miskin. Analisis Ann Stoler tentang dampak revolusi hijau di Jawa menyarankan bahwa secara berbeda terpengaruh hal-hal seperti stratifikasi jenis kelamin, tergantung pada kelas.

Gambar 1.4 Peta Pulau Jawa

2.3 Ekuitas
Tujuan menyatakan umum proyek pembangunan meningkat ekuitas yang berarti pengurangan kemiskinan dan lebih bahkan distribusi kekayaan. Ini sering digagalkan oleh elit lokal bertindak untuk melestarikan atau meningkatkan posisi mereka.

2.4 Ketiga Dunia Talks Kembali
Antropolog Terapan telah dikritik karena etnosentrisme dalam pendekatan mereka sendiri untuk pembangunan (lihat referensi untuk Guillermo Batalla).
- Terlalu banyak fokus pada beberapa dan mikro-penyebab sementara mengabaikan ketidaksetaraan sosial yang besar.
- Proyek awal yang terlalu berorientasi psikologis.
- Terlalu banyak fokus pada difusi teknologi sebagai sumber utama perubahan.
Kritikus lain telah menunjukkan hubungan antara antropolog dan instansi pemerintah tertentu.

2.4.1 Strategi untuk Inovasi
Kottak menggambarkan analisis komparatif tentang enam puluh delapan proyek pembangunan, dimana ia menetapkan bahwa proyek-proyek pembangunan ekonomi kompatibel budaya dua kali berhasil finansial yang tidak kompatibel.

2.4.2 Lebih inovasi
Overinnovation mengacu proyek pembangunan memerlukan perubahan besar atas nama masyarakat sasaran
- Proyek yang bersalah overinnovation umumnya tidak berhasil.
- Untuk menghindari overinnovation, proyek pembangunan harus peka terhadap budaya tradisional dan keprihatinan dari kehidupan sehari-hari di masyarakat sasaran.

2.4.3 Dalam diferensiasi
Underdifferentiation adalah kecenderungan untuk mengabaikan keragaman budaya dan melihat negara-negara berkembang sebagai sama.
- Banyak proyek pembangunan salah menganggap bahwa keluarga inti adalah unit dasar produksi dan kepemilikan tanah.
- Banyak proyek pembangunan juga salah menganggap bahwa koperasi berdasarkan model dari bekas blok Timur akan mudah dimasukkan oleh masyarakat pedesaan.

2.5 Dunia Ketiga Model
Model terbaik untuk pembangunan ekonomi yang dapat ditemukan di masyarakat sasaran.
Pengembangan realistis mempromosikan perubahan, tidak overinnovation, dengan menjaga sistem lokal sementara membuat mereka bekerja lebih baik. Contoh Malagasi menunjukkan perhatian dibayar untuk bentuk-bentuk lokal sosial (organisasi keturunan) dan kondisi lingkungan (misalnya, mengambil ternak dari strain disesuaikan dengan lingkungan yang sama).

2. Efek Budaya dan Kelangsungan Hidup


2.1 Kontak dan Dominasi
Meningkat kontak antara budaya telah dibuat meningkat kemungkinan dominasi satu kelompok dengan yang lain melalui berbagai cara.

2.2 Pengembangan dan Environmentalisme
Saat ini, dominasi paling sering datang dalam bentuk perusahaan multinasional berbasis inti menyebabkan perubahan ekonomi dalam budaya Dunia Ketiga. Perlu dicatat gangguan bahkan bermaksud baik (seperti gerakan lingkungan) dapat diperlakukan sebagai bentuk dominasi budaya dengan populasi subjek. Dua sumber budaya bentrokan:
- Ketika pembangunan mengancam masyarakat adat dan lingkungan mereka (misalnya, Brazil dan New Guinea).
- Ketika hubungan eksternal mengancam masyarakat adat (misal, Madagaskar, di mana peraturan lingkungan hidup internasional menyapu mempengaruhi lifeways subsisten tradisional).

2.3 Perubahan Keagamaan
Indiana Jones adalah simbol dominasi barat semua aspek budaya berdasarkan efisiensi teknologi khusus.
Homogenisasi agama adalah teknik yang sering digunakan oleh negara-negara berusaha untuk menundukkan kelompok dicakup oleh perbatasan mereka.

Gambar 2.1 Indiana Jones

2.4 Variasi Sistem Dominasi
Scott (1990) membedakan antara transkrip publik dan tersembunyi dari budaya dan masyarakat politik tertindas.
- Transkrip Umum mengacu pada terbuka, interaksi publik antara yang dominan dan tertindas.
- Tersembunyi transkrip mengacu pada kritik kekuasaan yang berlangsung di luar panggung, di mana dominators tidak bisa melihatnya.
Gramsci (1971) pengertian  hegemoni berlaku untuk sistem politik hirarki dimana dalam ideologi dominan dari elit telah diinternalisasi oleh anggota kelas bawah.

Gambar 2.2 Antonio Gramsci

Bourdieu (1977) dan Foucault (1979) berpendapat bahwa itu adalah jauh lebih mudah untuk mengontrol pikiran orang daripada mencoba untuk mengendalikan tubuh mereka.

Gambar 2.3 Pierre Bourdie

Gambar 2.4 Michel Foucault Sithum

2.5 Senjata dari Lemah
Sebagai James Scott (1990) bekerja pada petani Melayu menunjukkan, kelompok tertindas dapat menggunakan halus, metode non-konfrontatif untuk melawan berbagai bentuk dominasi. Contoh wacana antihegemonic termasuk ritual (misal, Carnaval) dan sastra rakyat. Perlawanan lebih mungkin untuk umum ketika tertindas datang bersama dalam kelompok (maka UU anti-perakitan sebelum perang Selatan).

2.6 Imperialisme Budaya
Mengacu pada penyebaran satu budaya dengan mengorbankan orang lain biasanya karena pengaruh ekonomi atau politik diferensial. Sementara media massa dan teknologi yang terkait telah memberikan kontribusi terhadap erosi budaya lokal, mereka semakin sering digunakan sebagai media penyebaran luar budaya lokal (misalnya, televisi di Brazil.
 
2.7 Membuat dan memperbaharui Budaya
Teks didefinisikan sebagai sesuatu yang kreatif membaca, menafsirkan, dan ditugaskan makna oleh setiap orang yang menerimanya.
- Pembaca teks semua berasal makna mereka sendiri dan perasaan yang mungkin berbeda dari apa yang pencipta teks yang dimaksudkan.
- Pembacaan hegemonik mengacu membaca atau yang berarti bahwa pencipta teks yang dimaksudkan.

2.8 Budaya Populer
Menurut Fiske (1989), penggunaan masing-masing individu dari budaya populer adalah tindakan kreatif. Budaya populer dapat digunakan untuk mengekspresikan perlawanan.

2.9 Indigenizing Popular Culture
Bentuk-bentuk budaya yang diekspor dari satu budaya ke yang lain tidak selalu membawa arti yang sama dari bekas konteks dengan konteks yang terakhir. Interpretasi Aborigin dari film Rambo menunjukkan makna dapat dihasilkan dari teks, bukan dengan teks. Analisis Appadurai tentang pribumisasi Filipina beberapa bentuk musik Amerika menunjukkan keunikan dari bentuk indigenized.

Gambar 2.5 Rambo

2.10 A World System Images
Media massa dapat menyebar dan menciptakan identitas nasional dan etnis. Penelitian lintas-budaya menunjukkan bahwa diproduksi secara lokal acara televisi yang lebih suka impor asing. Media massa memainkan peran penting dalam menjaga identitas etnis dan nasional antara orang-orang yang menjalani kehidupan transnasional.

2.11 Transnasional Budaya
Seperti media massa, arus modal telah menjadi desentralisasi, membawa dengan itu pengaruh budaya dari berbagai sumber (misalnya, AS, Jepang, Inggris, Kanada, Jerman, Belanda). Tenaga kerja migran juga berkontribusi terhadap difusi budaya.

2.12 Postmodernisme

Gambar 2.6 Postmodernism

Menggambarkan waktu kita dan dunia situasi-hari ini di fluks, orang-orang di bergerak yang telah belajar untuk mengelola beberapa identitas tergantung pada tempat dan konteks. Merujuk runtuh dari perbedaan lama, aturan, kanon, dan sejenisnya. Mengacu pernyataan teoritis dan penerimaan berbagai bentuk kebenaran, bertentangan dengan modernisme, yang berbasis di supremasi diasumsikan teknologi Barat dan nilai-nilai. Globalisasi mengacu pada keterhubungan meningkatnya dunia dan rakyatnya. Dengan keterhubungan ini, bagaimanapun, datang basis baru bagi identitas (misalnya, identitas Panindian tumbuh di antara suku-suku yang sebelumnya berbeda).

Sumber:

PPT Binus Maya Pertemuan ke 12

1. Kolonialisme dan Perkembangan

Gambar 1.1 https://afippudin.files.wordpress.com/2011/10/voc1.jpg
Gambar 1.2 http://materiipssmk.blogspot.com/2013/03/bab-iii-kolonialisme-dan-imperialisme.html
Gambar 1.3 http://blogs.henrico.k12.va.us/21/files/2012/12/age.jpg
Gambar 1.4 http://harunarcom.blogspot.com/2012/12/peta-pulau-jawa.html

2. Efek Budaya dan Kelangsungan Hidup


Gambar 2.2 http://infed.org/mobi/wp-content/uploads/2012/12/gramsci_pd.jpg
Gambar 2.3 https://seratsosial.files.wordpress.com/2011/03/bourdieu7.jpg
Gambar 2.5 http://onviolence.com/?e=301
Gambar 2.6 http://www.dezeen.com/2011/09/26/postmodernism-style-and-subversion-1970-1990-at-the-va/

2 komentar:

  1. Hai Aghata.Kamu masih seperti sebelumnya memberikan postingan yang banyak.Memang kesannya informatif,tapi kalau terlalu banyak jadinya agak ribet bacanya.Jadi,aku kasih nilai 79 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih jovan atas kritik dan penilaiannya. Akan aku perbaiki kembali:)

      Hapus