Kamis, 21 Mei 2015

Globalization, Technology, Mass Media, and Social Change

1. Globalization and Technology


Gambar 1.1 Teknologi

Gambar 1.2 Globalization

1.1 Teori Perubahan Sosial
1.1.1 Teori Evolusi
Memandang masyarakat sebagai bergerak ke arah yang pasti, umumnya maju ke keadaan yang lebih tinggi.
- Comte melihat masyarakat manusia sebagai bergerak maju dalam pemikiran mereka dari mitologi dengan metode ilmiah


Gambar 1.3 August Comte

- Durkheim dipelihara masyarakat berlangsung dari bentuk organisasi sosial yang lebih kompleks sederhana

Gambar 1.4 Emile Durkheim

1.1.2 Teori Fungsionalis
Fokus pada apa yang mempertahankan sistem, bukan apa perubahan itu. Model keseimbangan adalah sebagai perubahan terjadi di salah satu bagian dari masyarakat, harus ada penyesuaian di bagian lain. Menurut Parsons, ada 4 proses perubahan sosial: diferensiasi, adaptive upgrading, Inklusi, nilai generalisasi.

Gambar 1.5 Talcott Parsons

1.1.3 Teori Konflik
Perubahan yang diperlukan untuk memperbaiki ketidakadilan sosial dan ketidaksetaraan. Marx berpendapat bahwa dengan evolusi sosial, setiap tahapan tidak perbaikan yang tak terelakkan selama sebelumnya.

Gambar 1.6 Karl Marx

1.2 Perubahan Global Sosial
Perubahan sosial tidak selalu mengikuti periode disintegrasi yang internal. Waktu yang dramatis dalam sejarah untuk mempertimbangkan perubahan sosial global. Hallinan mencatat kebutuhan untuk bergerak di luar model membatasi perubahan sosial.

1.3 Ketahanan terhadap Perubahan Sosial
1.3.1 Faktor Ekonomi dan Budaya
Upaya untuk mempromosikan perubahan sosial cenderung untuk bertemu dengan resistensi
- Vested Interests: orang atau kelompok yang akan menderita dalam hal perubahan sosial
- Culture Lag: periode ketidakmampuan ketika budaya nonmaterial masih berjuang untuk beradaptasi dengan kondisi materi baru

1.3.2 Resistensi terhadap Teknologi
Luddites: Menanggapi Revolusi Industri, beberapa kelompok menggerebek pabrik dan mesin hancur
Sama seperti Luddites menolak Revolusi Industri, beberapa orang menolak ekspansi pasca industrialisasi

1.4 Teknologi dan Masa Depan

Gambar 1.7 Chip Masa Depan

1.4.1 Teknologi
Informasi tentang bagaimana menggunakan sumber daya material dari lingkungan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan

1.4.2 Teknologi Komputer
Dekade terakhir menyaksikan ledakan teknologi komputer di Amerika Serikat dan seluruh dunia. Perkiraan mengatakan yang menggunakan internet mencapai 1,1 miliar orang. Tidak semua orang bisa mendapatkan ke jalan raya informasi, terutama tidak kurang makmur.

1.4.3 Privasi dan Sensor dalam Global Village
Masalah yang kompleks privasi dan sensor dapat dianggap contoh culture lag. Fungsionalis umumnya positif ke Internet. Teori konflik menekankan bahwa sebagian besar kelompok yang kuat akan menggunakan teknologi untuk melanggar privasi kurang kuat

1.4.4 Bioteknologi
Memegang sendiri keluar sebagai yang bermanfaat bagi manusia, tetapi membutuhkan pemantauan konstan. Contohnya pilihan janin dan kloning domba dan sapi
Rekayasa Genetika
- Rekayasa genetika dapat memungkinkan untuk mengubah hewan dan perilaku manusia
- Perdebatan tentang rekayasa genetika meningkat ketika para ilmuwan di Skotlandia kloning domba
- Kontroversi tumbuh lebih rekayasa genetika (GM) makanan

1.5 Kebijakan Sosial dan Perubahan Sosial
Transnasional
1.5.1 Isu
Rendah-upah pekerjaan di AS mewakili $300.000 atau setara dengan insentif ekonomi untuk imigran dari negara-negara berkembang. Bahkan buruh migran yang sangat terampil menikmati hak jauh lebih sedikit daripada pekerja asli

1.5.2 Pengaturan
Pasar tenaga kerja yang semakin global
- Globalisasi telah bersatu pasar tenaga kerja nasional diskrit
Transnasional: imigran yang mempertahankan beberapa hubungan sosial yang menghubungkan masyarakat asal mereka dengan masyarakat pemukiman

1.5.3 Wawasan Sosiologis
Teknologi baru mempercepat gerakan transnasional pekerja
Fungsionalis melihat aliran bebas imigran sebagai cara bagi ekonomi untuk memaksimalkan penggunaan tenaga kerja manusia
Teori konflik mengklaim globalisasi meningkatkan jurang ekonomi antara negara maju dan berkembang
Interaksi tertarik dalam hubungan sehari-hari antara transnasional dan orang-orang di sekitar mereka

1.5.4 Inisiatif Kebijakan
Organisasi Buruh Internasional mengeluh bahwa globalisasi mengungkap sistem kesejahteraan sosial di banyak negara. Voting kelayakan tergantung pada negara. Sikap umum terhadap imigran ilegal tetap bermusuhan, terutama di AS

Gambar 1.8 Labor Migration

2. Mass Media

Gambar 2.1 Mass Media

2.1 Perspektif Sosiologis dari Media
2.1.1 Pandangan Fungsionalis
2.1.1.1 Media:
- Sosialisasi kami
- Menegakkan norma-norma sosial
- Status Berunding
- Mempromosikan konsumsi
- Jauhkan kami informasi tentang lingkungan kita
- Mungkin bertindak sebagai narkotika

2.1.1.2 Agen Sosialisasi
Media meningkatkan kohesi sosial dengan menghadirkan pandangan umum dari budaya
- Memberikan pengalaman kolektif bagi anggota masyarakat
- Efek Sosialisasi dapat mempromosikan pertukaran agama serta patriotik, menyatukan orang-orang percaya di seluruh dunia
- Efek Sosialisasi media berarti pemrograman dapat dengan mudah menjadi kontroversial

2.1.1.3 Enforcer Norma Sosial
Media menegaskan kembali perilaku yang tepat dengan menunjukkan apa yang terjadi pada orang-orang yang melanggar harapan masyarakat

2.1.1.4 Conferral dari Status
Seseorang keluar salah satu dari ribuan masalah yang sama ditempatkan atau orang lain untuk menjadi signifikan

2.1.1.5 Promosi Konsumsi
Media iklan:
- Mendukung ekonomi
- Memberikan informasi
- Polis biaya media

Gambar 2.2 Number of Hours per Week Spent with Media, 1997—2008 (projected)

2.1.1.6 Pengawasan Lingkungan Sosial
Surveillance Fungsi: pengumpulan dan distribusi informasi mengenai kejadian di lingkungan sosial

2.1.1.7 Disfungsi: The narcotizing effect
Narcotizing Disfungsi: fenomena di mana media memberikan sejumlah besar seperti informasi audiens yang menjadi mati rasa dan gagal untuk bertindak atas informasi

2.1.2 Teori Konflik
2.1.2.1 Teori Konflik menekankan bahwa media mencerminkan dan bahkan memperburuk banyak divisi masyarakat kita dan dunia, termasuk: Gender, ras, etnis, Kelas Sosial

2.1.2.2 Gatekeeping: bagaimana materi harus melakukan perjalanan melalui serangkaian pemeriksaan sebelum mencapai publik

2.1.2.3 Ideologi dominan: Membangun Realitas
- Ideologi Dominan: mengatur keyakinan dan praktik budaya yang membantu untuk mempertahankan kepentingan sosial, ekonomi, dan politik yang kuat
- Media massa berfungsi untuk menjaga hak-hak kelompok tertentu
- Stereotip: generalisasi tidak dapat diandalkan tentang semua anggota kelompok yang tidak mengakui perbedaan individu dalam kelompok

2.1.2.4 dominan Ideologi: Apa itu kebudayaan?
Globalisasi memproyeksikan mendominasi jangkauan media AS ke seluruh dunia
Ekspor budaya media merusak tradisi khas dan bentuk seni masyarakat lain dan mendorong ketergantungan budaya dan ekonomi mereka pada AS

2.1.3 Pandangan Feminis
Feminis berbagi pandangan konflik teori bahwa stereotip media massa dan menggambarkan realitas sosial
- Wanita kurang terwakili
- Mengabadikan pemandangan stereotip gender
- Tekankan peran seks tradisional dan menormalkan kekerasan terhadap perempuan

2.1.4 Pandangan Interaksionis
Interaksionis terutama tertarik pada pemahaman bersama dari perilaku sehari-hari. Periksa media pada tingkat mikro untuk melihat bagaimana mereka membentuk sehari-hari perilaku sosial. Para sarjana semakin menunjukkan media massa sebagai sumber aktivitas harian utama

Gambar 2.3 The Internet Explosion

Gambar 2.4 Sociological Perspective on the Mass Media

2.2 The Audience
2.2.1 Who Is In the Audience?
Media massa dibedakan dari lembaga-lembaga sosial lainnya dengan kehadiran diperlukan penonton. Diidentifikasi, kelompok terbatas atau jauh lebih besar, kelompok terdefinisi.

2.2.2 The Segmented Audience
Media semakin memasarkan diri ke khalayak tertentu. Peran penonton sebagai pemimpin opini tertarik peneliti sosial. Opini pemimpin: seseorang yang melalui kontak pribadi dan komunikasi dari hari ke hari untuk mendapatkan pengaruh pendapat dan keputusan orang lain.

2.2.3 Audience Behavior
Respon sering dipengaruhi oleh karakteristik sosial: Pekerjaan, Ras, Pendidikan, Pendapatan

2.3 Industri Media
2.3.1 Media Konsentrasi
Segenggam perusahaan multi-nasional mendominasi industri penerbitan, penyiaran, dan Film

2.3.2 Media Global Jangkauan
Media massa telah mulai membuat desa global dalam hal komunikasi. Kunci Internet untuk menciptakan jaringan benar-benar global.

Gambar 2.5 Media Penetrion in Selected Countries

2.4 Kebijakan Sosial dan Media Massa
Media Kekerasan
2.4.1 Isu
Apa efek tidak film dan TV kekerasan terhadap khalayak? Apakah kekerasan di media memimpin orang, terutama kaum muda, untuk menjadi lebih ganas?

2.4.2 Pengaturan

Kita menghabiskan banyak waktu dengan media
Apakah menonton jam media massa dengan gambar kekerasan menyebabkan seseorang berperilaku berbeda?
- Beberapa penelitian terkait paparan kekerasan media untuk perilaku agresif berikutnya

2.4.3 Wawasan Sosiologis
Jika fungsi media adalah untuk menghibur, bersosialisasi, dan menegakkan norma-norma sosial, bisa kekerasan menjadi bagian dari pesan tersebut?
Bahkan jika pemirsa tidak selalu menjadi lebih keras dari menonton gambar kekerasan, mungkin ada desensitisasi

2.4.4 Wawasan Sosiologis
Konflik dan feminis teori terganggu bahwa korban digambarkan dalam citra kekerasan sering: wanita, anak-anak, orang miskin, ras minoritas, WNA, cacat fisik, interaksionis terutama tertarik untuk mencari tahu jika kekerasan di media yang kemudian dapat menjadi naskah untuk perilaku kehidupan nyata.

Gambar 2.6 Violence on Prime-Time TV, 1998-2002

Sumber:

PPT Binus Maya Pertemuan ke-11

1. Globalisasi dan Teknologi
Gambar 1.1 http://www.beritaaktual.com/1082/perkembangan-teknologi-terbaru-2014
Gambar 1.2 https://basribashl.files.wordpress.com/2013/02/globalisasi.jpg
Gambar 1.7 http://www.tahupedia.com/content/show/73/10-Teknologi-Masa-Depan-yang-Ditunggu-Setiap-Orang
Gambar 1.8 National Geographic 2005:16

2. Mass Media
Gambar 2.1 http://www.artikelsyariah.com/wp-content/uploads/2014/07/media.jpg
Gambar 2.2 Veronis Suhler Stevenson LLC 2003:166-167 for 1997; 2004:184-185 for all other data
Gambar 2.3 National Geographic 2005:21
Gambar 2.5 Bureau of the Census 2004a:870
Gambar 2.6 Parents Television Council 2003

3 komentar:

  1. Hai aghata! untuk post mu yang ini sementara aku kasih nilai 75 yaa karena menurutku informasi yang kamu kasih sudah lengkap, tetapi terlalu banyak jadi masukkan dari aku kalo bisa kamu rangkum lagi ya taa biar lebih menarik dan nyaman dibaca. semangat!:)

    BalasHapus
  2. Hai aghata.Seperti yang aku sampaikan di postingan sebelumnya,kamu terlalu panjang postingan sehingga buat yang membaca jadi pusing karena kepanjangan,walaupun postingan lengkap,menarik,dan menambah wawasan.Aku kasih nilai 79 :)

    BalasHapus
  3. Holla guys makasih atas kritiknya, akan aku perbaiki lagi postingannya:) hehe

    BalasHapus