Selasa, 24 Maret 2015

Languange, Gender, Ethnicity, and Culture

1. Pengaruh Yunani

Yunani mengembangkan banyak kepercayaan dunia barat tentang tubuh dan pendidikan jasmani dan kemungkinan pengaruh dari yahudi dan phoenician. Sedangkan sistem Yunani adalah sifat rohani.

Mengenai tubuh manusia terdapat aliran Dualisme yaitu pikiran dan tubuh terpisah. Dimana pikiran adalah kekal sedangkan tubuh bisa membusuk. Kepercayaan ini dapat mengembangkan kemapuan intelektual atas fisik.

Menurut Plato, pendidikan juga sebagai keselarasan pikiran dan tubuh. Humanisme Klasik bahwa tubuh adalah penting namun menurutnya pikiran itu lebih dari sebuah tubuh. Humanisme memandang bahwa dewa Yunani di anggap yang paling ideal diantaranya Zeus, Apollo, Athena

Gambar 1.1 Dewa Zeus

Gambar 1.2 Dewa Apollo

Gambar 1.3 Dewa Athena

Yunani juga memiliki bahasa yaitu Arete dan Agon, Arete merupakan kebijakan, kecakapan dan martabat seperti penyair, filsuf. Sedangkan Agon adalah tempat untuk mengadakan sebuah pertemuan termasuk perlombaan music, puisi.
Maka dari situ hadirnya permainan (Games) sejarah dari Olimpiade sendiri pada tahun 776 SM dan terjadi setiap tahun keempat. Yunani terdiri banyak kota dan terdapar kota besar yaitu Athena dan Sparta. Athena adalah pusat budaya dan pembelajaran sedangkan Sparta mengenai kekuatan militer dan pahlawan Negara. Terdapat tempat-tempat yang terkenal untuk menyelenggarakan permainan yaitu Olympia, Delphi, Corinth, Nemea

Gambar 1.4 Stadion Olympia

Gambar 1.5 Delphi

Dan pada setiap permainan hanya diizinkan laki-laki yang bersaing dan menonton. Sedangkan untuk perempuannya yang menikah tidak diizinkan melihat, dan wanita yang masih single di perbolehkan dan perempuan memiliki kuda dan kereta dapat masuk namun tida bisa melihat


2. Pengaruh Roma

Yaitu Bangsa Etruscan yang berpusat di sekitar tepat rekreasi, juga memiliki olahraga yang juga di selenggarakan namun lebih banyak kekerasannya dimana tahanan menjadi korban setiap permainan. Kaisar romawi Nero menyelenggarakan perlombaan kereta perang. Sedangkan perempuan roma dapat melaukan olahraga gulat pada olimpiade dan dapat bersaing sebgai gladiators yaitu berasal dari bukti arkeolog.

Gambar 2.1 Colosseum

Gambar 2.2 Gladiator

Dan juga terdapat permainan Partai Flavian (Koloseum) dimana perkelahian antara hewan. Dan terkenal dengan adanya Sirkus Maximus kereta ras (gladiator).
3. Abad Pertengahan
Dimana roma mengalami kehancuran maka pada zaman ini di sebut zaman kegelapan pada tahun 476 M – 900 M. Pada abad pertengahan terdapat permaina bola, dan awalnya hoki, bowling dan basbol dan pada masa abad pertengahan terdapat kebingungan para ontology dan pada masa abad pertengahan terdapat bidang Skolastik yaitu bidang pendidikan. Tokoh yang berperan pada Bidang Skolastik.

Sumber:

PPT Bimay pertemuan ke-4

1. Pengaruh Yunani
Gambar 1.1 http://en.wikipedia.org/wiki/Ancient_Greek_religion#/media/File:Bust_of_Zeus.jpg
Gambar 1.2 https://www.regentantiques.com/product_images/04049-Stunning-Marble-Bust-of-Greek-God-Apollo-11.jpg
Gambar 1.4 http://travel.detik.com/read/2012/07/23/090027/1971890/1383/melongok-stadion-olimpiade-pertama-di-dunia
Gambar 1.5 http://ebo.web.id/10-bioskop-yg-paling-kuno-di-dunia/

2. Pengaruh Roma
Gambar 2.1 http://7-themes.com/7007594-roman-colosseum.html

8 komentar:

  1. Hai aghata, sudah bagus dan lengkap. Tapi tolong diberi sumbernya dari mana. Sementara aku kasih nilai 75 ya:))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya caaa aku lupa kasih sumbernyaaa._. makasih ca udah ngingetin aku:)

      Hapus
  2. hai aghata,informasi yang baik. oiya,kamu tidak mencantumkan sumbernya. cantumkan ya! aku kasih nilai buat kamu 78 ya! Gbu ghat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syudaahh nih len hehhee. makasih atas penilaiannyaa:)

      Hapus
  3. Halo agataaa:) sudah bagus dan cukup lengkap. 80 ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Holla fii, makasih ya atas penilaiannya:) hehe

      Hapus
  4. Halo aghata.Postingnya sudah bagus,lengkap,dan juga sederhana,sehingga lebih mudah dibacanya.Saya kasih nilai 78.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Holla Jovan, makasih atas penilaiannya... Mangat Jovaan:)

      Hapus